• SMK GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG
  • Gajah Mada.... Bisa!! Gajah Mada.... Jaya Jaya Jaya, Gajah Mada... Juara!!

Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Apa itu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)? 

TKJ merupakan salah satu kompetensi keahlian pada program studi Keahlian Teknik Informatika dan Komunikasi (TIK). TKJ saat ini keberadaannya sudah terlihat dimata publik dimana jurusan ini mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat di implementasikan di dunia kerja. Perkembangan teknologi yang sangat pesat akan menjadi tantangan tersendiri di dunia kerja sehingga dibutuhkan keterampilan yang baik dibidang teknologi salah satunya jaringan.
Siswa TKJ akan dibekali teori awal dari komputer dan jaringan yang diimbangi dengan praktek merakit komputer, memperbaiki laptop. Disamping itu siswa TKJ juga mempelajari tentang perkembangan sistem operasi dan software seperti sistem operasi Windows, Linux dan cara menginstalnya. Jurusan TKJ ini selain mempelajari itu semua mereka juga dibekali dengan troubleshoting komputer, perawatan komputer, perawatan hardware lainnya.
Jurusan TKJ menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai serta sikap yang terintegrasi dan kecakapan kerja dalam bidang teknologi, serta memiliki wawasan Technopreneur untuk menghadapi perkembangan Masyarakat Economic ASEAN (MEA).


Materi - Materi Pelajaran yang dipelajari Oleh Siswa TKJ 


Dari waktu ke waktu, kebutuhan manusia akan jaringan komputer terus meningkat. Setiap orang menuntut untuk bisa terhubung dengan orang lain walau terhalangi oleh jarak yang ratusan atau bahkan ribuan kilo. Setiap orang menuntut untuk dapat memperoleh informasi dengan cepat dan akurat. Dengan segala tuntutan tentang jaringan komputer tersebut, siswa TKJ harus dibekali dengan meteri-materi yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Sehingga siswa lulusan TKJ memiliki skill untuk memenuhi segala tuntutan jaringan komputer di masa depan.
Materi yang akan dipelajari oleh siswa jurusan TKJ diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Cisco 

Cisco merupakan salah satu perangkat jaringan (network device) terhandal yang saat ini beredar di dunia. Cisco biasanya digunakan untuk membangun jaringan skala menengah hingga besar. Hampir seluruh perusahaan besar di Indonesia pasti menggunakan cisco untuk membangun jaringannya.
Dalam rangka mempersiapkan siswa TKJ untuk dapat terjun ke dunia kerja, maka siswa TKJ dibekali dengan materi tentang cisco. Adapun materi-materi cisco yang akan dipelajari oleh siswa TKJ diantaranya adalah sebagai berikut :

VLAN & Trunking Spanning Tree Etherchannel
Intervlan Routing VRRP Portsecurity
Routing Fundamental EIGRP OSPF
BGP IPv6 MPLS


Materi diatas hanya sebagian kecil yang akan dipelajari di jurusan TKJ. Dengan menguasai materi-materi diatas, diharapkan siswa TKJ mampu membuat design (merencanakan) serta membangun jaringan skala menengah hingga besar seperti contoh dibawah ini.

2. Mikrotik 

Selain cisco, saat ini juga beredar perangkat jaringan yang sangat terkenal, yaitu Mikrotik. Mikrotik banyak digunakan pada jaringan skala kecil hingga skala menengah. Di Indonesia, mikrotik berkembang dengan sangat pesat. Hampir seluruh Internet Service Provider (Penyedia layanan internet) lokal menggunakan mikrotik sebagai perangkat jaringan utama. Selain itu, mikrotik juga banyak digunakan di perhotelan, perkantoran, jaringan sekolahan, dll.
Beberapa materi tentang yang dipelajari oleh siswa TKJ diantaranya adalah sebagai berikut :

Bridge Wireless Static Routing
Firewall Filter Firewall Mangle Firewall NAT
Quality Of Service Hotspot VPN
IP Tunnel OSPF Load Balance
BGP User Manager MPLS


Materi-materi diatas hanya sebagian kecil dari materi mikrotik yang akan dipelajari oleh siswa TKJ. Dengan menguasai materi-materi diatas, diharapkan siswa TKJ dapat mendesain dan membangun jaringan skala menengah seperti contoh berikut.

3. Wireless 

Materi yang tidak kalah penting dari cisco dan mikrotik yang harus dipelajari oleh siswa jurusan TKJ adalah wireless. Hal ini dikarenakan banyak jaringan didunia yang dibangun diatas jaringan wireless, baik wireless indoor (dalam ruangan) maupun outdoor (luar ruangan).
Wireless indoor biasa digunakan untuk menghbungkan client ke jaringan internet, seperti HP, Gadget, Laptop, dll. Saat ini hampir setiap bangunan di dunia pasti memiliki jaringan wireless. Terbukti setiap kita pergi ke suatu tempat, pasti ada hotspot yang terdeteksi di HP atau gadget kita. Sedangkan wireless outdoor digunakan untuk jaringan yang berjauhan, seperti jaringan antara Jakarta dengan Surabaya, jaringan antara Tangerang dengan Malang, dll.
Untuk saat ini, terdapat tiga perangkat jaringan wireless yang banyak digunakan, yaitu cisco wireless, mikrotik wireless, dan ubiquiti. Siswa TKJ diharuskan mampu melakukan konfigurasi pada ketiga perangkat wireless tersebut dengan baik.

NB : Dengan menguasai materi wireless, diharapkan siswa TKJ mampu membangun jaringan wireless indoor maupun outdoor seperti contoh berikut.

Wireless Outdoor

Wireless Indoor

Prospek Kerja Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

1. Network Desainer

Tugas dari network disainer adalah membuat rancangan sebuah jaringan, mulai dari rancangan bentuk jaringan (topologi jaringan), biaya yang dikeluarkan, hingga konfigurasi yang paling efisien untuk membangun sebuah jaringan komputer.
Jaringan yang ditangani diantaranya adalah jaringan perkantoran ataupun antar kantor (LAN), jaringan antar kota (MAN), serta jaringan antar negara (WAN). Network desainer dituntut untuk mampu mendesain jaringan yang efektif, baik dari segi biaya, efektifitas perangkat yang digunakan, efektifitas jaringan yang dibangun, dll. Berikut salah satu contoh design jaringan komputer yang dibuat oleh network designer.

2. Network Engineer

Tugas dari seorang network engineer adalah membangun sebuah jaringan. Jaringan yang akan ditangani oleh network engineer diantaranya adalah jaringan dalam sebuah kantor, antar kantor, antar kota, atau bahkan jaringan antar provinsi atau negara.Untuk membangun jaringan komputer dengan skala menengah hingga besar, seorang network engineer dituntut untuk menguasai materi tentang cisco dan mikrotik dengan sangat mendalam. Selain itu seorang network engineer harus memiliki logika yang tinggi dan kemampuan problem solving (memecahkan masalah).

3. Network Operating Center

Sebuah jaringan komputer tidak akan selamanya berjalan dengan baik. Ada kalanya atau bahkan sering, jaringan komputer mengalami masalah-masalah yang terduga. Masalah-masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti human error (kesalahan manusia), bencana alam, gangguan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab (cyber crime), dll.
Untuk mengatasi masalah-masalah yang mungkin terjadi tersebut, harus ada orang yang melakukan monitoring jaringan, sehingga jika sewaktu-waktu jaringan mengalami masalah, masalah tersebut dapat diatasi dengan secepat mungkin. Pekerjaan untuk melakukan monitoring dan maintenance (perbaikan) jaringan adalah tugas dari engineer yang bekerja dibagian Network Operating Center (NOC).

 

Halaman Lainnya
Pencak Silat

#

17/04/2020 02:07 - Oleh smk gajah mada - Dilihat 1411 kali
Volley

#

17/04/2020 02:03 - Oleh smk gajah mada - Dilihat 1142 kali
Basket

Ekstrakurikuler Basket di SMK Gajah Mada Bandar Lampung adalah kegiatan yang memberikan siswa kesempatan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan dalam olahraga bola basket. Ekstr

17/04/2020 02:03 - Oleh smk gajah mada - Dilihat 1292 kali
Musik

#

17/04/2020 02:03 - Oleh smk gajah mada - Dilihat 1289 kali
Taekwondo

#

17/04/2020 02:03 - Oleh smk gajah mada - Dilihat 1369 kali