• SMK GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG
  • Gajah Mada.... Bisa!! Gajah Mada.... Jaya Jaya Jaya, Gajah Mada... Juara!!

Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)

Apa Itu Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran?

Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) atau dulunya Administrasi Perkantoran (AP) merupakan salah salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memberikan bekal tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan atau kantor. OTKP salah satu ilmu Manajemen yang mempunyai spesifikasi khusus dalam bidang perkantoran, artinya dalam ilmu Perkantoran dipelajari secara detail segala kebutuhan yang berkaitan dengan kegiatan perkantoran. OTKP bertanggung jawab atas merencanakan kegiatan kantor, menyediakan peralatan kantor, mengatur perubahan antar departemen, seta membantu tugas manajemen senior untuk menggaji dan memecat karyawan.

Kegiatan perkantoran diantaranya meliputi :

  1. Melaksanakan aktifitas penyiapan ruang kerja dan peralatan kantor untuk seluruh pegawai, untuk memastikan ketersediaan ruangan kerja dan peralatan kantor bagi setiap pekerja sesuai dengan jenis pekerjaan dan jabatan.
  2. Melaksanakan aktifitas renovasi gedung kantor/kerja, untuk memastikan semua gedung kantor selalu siap operasional.
  3. Melaksanakan kegiatan surat-menyurat, dokumentasi dan pengarsipan, untuk memastikan dukungan administrasi bagi kelancaran kegiatan seluruh karyawan.
  4. Membuat rencana dan mengevaluasi kerja harian dan bulanan untuk memastikan tercapainya kualitas target kerja yang dipersyaratkan dan sebagai bahan informasi kepada atasan.
  5. Membuat perkiraan biaya tahunan yang berkaitan dengan kegiatan office administration, sebagai rekomendasi pembuatan anggaran departemen General Affair.
  6. Melaksanankan akan adanya  kebutuhan dan pengadaan alat tulis kantor, peralatan kantor, peralatan kebersihan dan keamanan kantor serta layanan photocopy dan penjilidan.
  7. Mengawasi pelaksanaan kebersihan dan kenyamanan  ruang kantor dan keamanan kantor.

Mengapa Memilih Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran?

Melalui pembelajaran SMK diharapkan tingkat pengangguran dapat ditekan karena berbeda dengan pendidikan SMA, pendidikan SMK didasarkan pada kurikulum yang membekali lulusannya dengan keterampilan tertentu untuk mengisi lapangan kerja atau membuka lapangan kerja sendiri. Selain itu, SMK juga dapat diarahkan untuk meningkatkan keunggulan lokal sebagai modal daya saing bangsa dengan melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran mempelajari segala jenis kegiatan kantor. Mulai dari pembukuan, pengarsipan, hingga public relations. Mayoritas lulusannya bekerja di lingkungan perkantoran dengan peran diantaranya menjaga kelancaran operasional kantor sehari-hari termasuk bertindak sebagai perantara dari karyawan dan pimpinan perusahaan ataupun dengan pihak di luar kantor. Bagi para lulusan yang berminat di bidang seni bisa bekerja di berbagai galeri, gedung pameran dan teater, mengatur kelancaran operasional sehari-hari serta mengkoordinir acara-acara jika ada.

PELUANG PEKERJAAN :
Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran antara lain :

  1. Dunia usaha / industri:

staff administrasi (produksi, dokumen, operasional, ekspor impor), resepsionis, personalia, sekretaris, asisten sekretaris.

  1. Berbagai lembaga / organisasi pemerintah atau swasta:

staff administrasi perkantoran dan perusahaan (bagian pendaftaran, bagian informasi, keuangan, dkk), sekretaris, asisten sekretaris, tata usaha (kesiswaan, surat menyurat, keuangan, dkk), resepsionis, personalia, asisten manajer, guru  administrasi perkantoran, dosen administrasi perkantoran. 

Komentar

Apakah jurusan ini sangat berpeluang bagi siswa untuk melamar pekerjaan, misalnya menjadi pns?

Saya pingin masuk smk jurusan otkp

Sangat membantu

082188896861 No. Otkp

otkp

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Pencak Silat

#

17/04/2020 02:07 - Oleh smk gajah mada - Dilihat 1411 kali
Volley

#

17/04/2020 02:03 - Oleh smk gajah mada - Dilihat 1142 kali
Basket

Ekstrakurikuler Basket di SMK Gajah Mada Bandar Lampung adalah kegiatan yang memberikan siswa kesempatan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan dalam olahraga bola basket. Ekstr

17/04/2020 02:03 - Oleh smk gajah mada - Dilihat 1293 kali
Musik

#

17/04/2020 02:03 - Oleh smk gajah mada - Dilihat 1289 kali
Taekwondo

#

17/04/2020 02:03 - Oleh smk gajah mada - Dilihat 1369 kali